Lihat
JARINGAN
JARINGAN Home Blogs BLATOWGegaKomputer AboutPowered by Friendster Blogs Mengembalikan Folder yg hil4ngKomunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com1Mengembalikan Folder Yang Hilang(Windows XP)Davit Krniawandavit@davitkurniawan.web.idhttp://davitkurniawan.web.idAda sebuah cerita sederhana seperti ini ;“ Komputer saya terkena virus, setelah saya scan menggunakan antivirus, virus ituberhasil dihilang atau dibersihkan, tetapi ketika setelah saya restart ada beberapa Folderdi komputer saya yang hilang”.“ Flashdisk terkena virus, setelah di scan menggunakan antivirus, flashdisk terbebas darivirus tetapi kenapa ketika flasdisk itu saya coba buka di komputer lain banyak folder yanghilang, sudah coba dicari dengan Properties Tools, Folder Option, View, Show HiddenFiles and Folders, bisa terlihat tapi untuk membuang checklist pada Attribut tetapi masihtidak bisa diaktifkan ? “.Dari dua persoalan tersebut dapat disimpulkan bahwa komputer tempat kita bekerjaterserang virus yang berekstensikan .scr.Lisensi Dokumen:Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.ComSeluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkansecara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapusatau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiapdokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijinterlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.Komunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com2Cara kerja virus ini sangat sederhana yaitu merubah setiap folder yang ada di komputer atauflashdisk menjadi file applikasi dengan kapasitas yang digandakan menjadi 32 Kb (tertulisdisaat kita membuka). dan ketika coba di bersihkan menggunakan antivirus dari salah satuvendor, virus tersebut bisa di hilangkan tetapi effect yang ditimbulkan dari scanning tadiadalah folder-folder yang terserang virus ini menjadi hilang.Sebenarnya folder tersebut tidak hilang namun disembunyikan saja. Dan folder yang hilangtersebut dapat kita kembalikan dengan menggukan perintah attrib pada command prompt.Cara sangat sederhana sekali namun sebelum mengupas bagaimana mengembalikan Folderyang hilang tersebut akan kita kupas sedikit tentang attribute ini.Untuk melihat Properties attribute dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :1. Melalui Windows Prompt2. Melalui Command PromptKomunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com3Command attribute bekerja pada DOS command prompt, memiliki beberapa fungsi salahsatunya adalah untuk menset attribute dari suatu file apakah file tersebut akan diberiattribute :- read-only file attribute- Archive file attribute- System File Attibut- Hidden File AttributUntuk mengembalikan Folder yang hilang tersebut menggunakan cara yang kedua yaitumelalui command prompt.Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :1. Klik start2. Kemudian pilih run3. Kemudian ketikan kata cmdKomunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com44. Selanjutnya akan muncul command prompt5. Nah inilah bagian yang terpenting dari pembahasan kita kali ini, pada commandprompt ini kita ketikkan attrib /? Untuk mengetahui beberapa perintah padaproperties attribute melalui command prompt.6. selanjutnya pada pompt tersebut akan muncul sederatan kalimat yang menjelaskantentang attribute seperti :- tanda (+) untuk sets an attribute- tanda (– ) untuk Clears an attribute- huruf R untuk read-only file attributes- huruf A untuk Archive file attribute- huruf S untuk System file attribute- huruf H untuk Hidden file attribute- /S untuk proses penyamaan file di dalam folder sebelumnya dan semua subfolderyang ada di komputerKomunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com5- /D untuk proses yang akan dilakukan terhadap folder itu sendiri7. Kembali kepada Folder yang hilang tersebut maka perintah yang kita ketikkan padacommand prompt ini adalah : (ketikkan perintah ini pada Drive C:\> atau D:\> ataudimana ada Folder yang hilang).attrib –s –h *.* /S /D8. Selanjutnya refresh komputer atau semua drive yang ada di komputer kita, hasilnyaadalah BAM !!!, folder yang hilang tersebut muncul kembali.Jadi sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan folder yang hilang karena terserangvirus .scr.Bahkan kita bisa membuka folder orang lain yang di hidden .. (hehe.. tapi saya tidakmerekomendasikannya lho …) selamat mencoba.(terima kasih untuk bang dodi yang sudah mau share).Komunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com6Biografi PenulisHome : Jl. Dr. Soetomo No. 46 Penengahan, Tanjungkarang Bandar Lampung 35112, home tel.0721784123, mobile tel. 085213345650Office : Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Bandar Lampung 35142, work tel. 0721787214 ext 228,website http://www.darmajaya.ac.id- http://davitkurniawan.web.id- email : davit@davitkurniawan.web.id- email : dv_lama2000@yahoo.com- email : david2006@darmajaya.ac.id- ym : dv_lama2000Pekerjaan saat ini : Staff Bagian Kemahasiswaan Subbag Pembinaan Keorganisasian, Pengembangan Teknologi dan Bisnis MahasiswaSTMIK-STIE DARMAJAYA Lampung, PIC Enhancing Institution Performance In Job Placement Project ISS DJCTC DARMAJAYALampung.Pendidikan : (a).SDN 3 Penengahan Tanjungkarang (1989), (b).SMPN 2 Tanjungkarang (1992), (c).SMKN 2 Tanjungkarang (1995),(d).D3 AMIK Master Lampung (1998), (e).S1 Teknik Informatika STMIK-STIE Darmajaya Lampung (2005), (f).Mengambil sertifikasiIT CCNA-CCNP di BRAINMATICS, Bidakara Jakarta (2006).Organisasi : (a).Ketua Harian UKM Musik STMIK-STIE Darmajaya Lampung (2000-2001), (b).Ketua Umum UKMBS Teater BiroeSTMIK-STIE Darmajaya Lampung (2001-2003), (c).Menteri Seni dan Budaya Departemen Seni Badan Eksekutif Mahasiswa STMIKSTIEDarmajaya Lampung (2002-2003), (d).Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK-STIE Darmajaya Lampung (2003-2004),(e).Koordinator Divisi Teater DPD BPSMI Lampung 2003-2006, (f).Pembina UKMBS Teater Biroe STMIK-STIE Darmajaya Lampung(sekarang), (g).Kepala Student Center Activity (Pusat Pengembangan Teknologi dan Bisnis Mahasiswa) STMIK-STIE DarmajayaLampung (sekarang), (h).Ketua Umum IKATAN ALUMNI DARMAJAYA Lampung (IKA DJ) (2006-2008)Qualifikasi : (a). Sistem Operasi Windows, Linux, (b). Networking (c). Pemrograman : Ms. Visual Basic, (d). Web : PHP, MacromediaDreamweaver, (e). Database : MySql, Ms. AccesPenghargaan : Penghargaan karya tulis ilmiah dan penelitian dari DIKTI PROJECT TPSDP STUDENT GRANT Tahun 2005 denganjudul penelitian ” Pemanfaatan Activex Microsoft Voice Text dan Microsoft Voice Dictation Dalam Pembuatan Perangkat LunakTOEFL Berbasis Visual “.Project dan Penelitian : (a).Tim penyusun Sistem Bimbingan dan Pembinaan Program Minat dan Bakat Bagi Mahasiswa Baru STMIKSTIEDarmajaya Lampung (2004), (b).Tim penyusun Project Institutional Support System DJCTC, hibah ADB Loan project ISS-TPSDP(2005), (c).Pembuatan dan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Distributor dan Retail PT. BALADEWA WIJAYA UTAMALampung (2005), (d).Pembuatan Sistem Informasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online Kantor SAMSAT KabupatenLampung Selatan (2006), (e).Pembuatan Website PT. BALADEWA WIJAYA UTAMA Lampung sebagai Media Marketing Tools(2006), (f).Pembuatan Aplikasi SMS dari Handphone ke PC dan SMS dari PC ke Handphone Menggunakan Media Bluethoot (2006).Davit Kurniawandavidlama adalah nama panggilan yang diberikan oleh rekan-rekan teaterbiroe STMIK-STIE Darmajaya Lampung semasa kuliah dulu, disebutdavidlama karena di anggap orang sebagai mahasiswa yang paling lama dikampus atau dengan kata lain kelamaan di kampus. Nama sebenarnya adalahdavit kurniawan, lahir di Tanjungkarang 16 September 1977 BandarLampung.December 22, 2007 in Books Permalink Comments (0) Teknologi Jaringan TEKNOLOGI JARINGANA. PendahuluanJaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.B. Jaringan komputer1. PengertianJaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.2. Jenis-Jenis jaringanAda 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area MetropolitanSebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya. c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala BesarWide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain.Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.3. ProtokolProtokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data. Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :1. Ethernet2. Local Talk3. Token Ring4. FDDI5. ATM1. EthernetProtocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggukesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.2. LocalTalkLocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus , Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya 230 Kbps.3. Token RingProtokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam 5 sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer. Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang. 4. FDDIFiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh . Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps.5. ATMATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang , dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.d. Perangkat keras yang diperlukanPerangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner, Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.1. File Servers2. Workstations3. Network Interface Cards4. Concentrators/Hubs5. Repeaters6. Bridges7. Routers1. File ServersSebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain....terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini : Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebihØ cepat lagi (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC). Sebuah Harddisk yang cepatØ dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB Sebuah RAID (Redundant ArrayØ of Inexpensive Disks). Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT,Ø JAZ, Zip, atau CDRW) Mempunyai banyak port networkØ Kartu jaringan yangØ cepat dan Reliabilitas Kurang lebih 32 MB memoriØ2. WorkstationsKeseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai ; Kartu jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.3. Network Interface Cards (NIC) atau Kartu JaringanKartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk,4. Ethernet Card / Kartu Jaringan EthernetKartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneks untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik. Gambar Kartu Jaringan Ethernet Dari Atas Ke Bawah :konektor RJ-45, konektor AUI, dan konektor BNC5. LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalkLocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mps6. Token Ring CardsKartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.7. Hub/KonsentratorSebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju. Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah : Biasanya terdiri dari 8, 12,v atau 24 port RJ-45 Digunakan pada topologi Bintang/Starv Biasanya div jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengaturmanjemen port tersebut. Biasanya disebut hubv Biasanya di pasang pada rak khusus,v yang didalamnya ada Bridges, router8. RepeatersContoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.9. Bridges / JembatanAdalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.,.10. RoutersSebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih. Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. Ini berarti Router itu : Mengatur jalur sinyal secarav effisien Mengatur Pesan diantara dua buah protocolv Mengatur Pesanv diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star) Mengatur Pesanv diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau kabel twisted paire. Topologi/Bentuk JaringanTopologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin (Ring).1. Topologi Jaringan MeshTopologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.2. Topologi Jaringan Bintang (Star)Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar.3. Topologi Jaringan BusPada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer. 4. Topologi Jaringan Pohon (Tree)Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .5. Topologi Jaringan Cincin (Ring)Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem. Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain.DAFTAR PUSTAKA1. http://www.ai3.itb.ac.id/Tutorial/LAN.html2. http://www.w3.org/TR/REC-html403. http://sunsite.ui.ac.id/student/ristek/sig/infosys/artikel/artikel3/protokol1.htm4. http://www.ilmukomputer.comBIOGRAFI PENULIS : Adi Wibowo, ST, lahir di Kotabumi, 02 Maret 1977. Menempuh pendidikan SLTP di SMP N Kedaton Bandar Lampung (1991-1993). kemudian melanjutkan sekolah di STM YPT Purworejo (1993-1995). Menyelesaikan S1 Elektro Di Universitas Gajayana Malang Th 2001. Saat ini Menjadi Dosen Mata Kuliah Aplikasi Komputer Di STIH - M Kotabumi.Meskipun konsentrasi yang diambil tidak berkaitan erat dengan dunia komputer, tetapi penulis banyak belajar secara otodidak bidang komputer terutama di bidang Jaringan Komputer dan InternetInformasi lebih lanjut tentang penulis dapat menghubungi:Adhie_wibowo@yahoo.comByADI WIBOWO, S.TDesember 2006August 06, 2007 in Web/Tech Permalink Comments (0) TrackBack (0) Artikel MEMASANG KABEL JARINGAN MENGGUNAKAN KABEL UTPTutorial singkat ini cocok sekali buat Anda yang sedang membuat jaringan komputer ‘MURAH’ khususnya yang terdiri lebih dari dua client yang pake hub (jauh lebih murah daripada router ). To the point! Apa sih kabel UTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data.UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.Setahu penulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden - made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45.Foto RJ - 45 yang masih baru, belum di gencet pake tangSatu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool". Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya. Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggung maka beli pula sebuah LAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.OK sekarang peralatan udah siap, penulis mulai saja. Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?OK! Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.Kita bahas dulu yang tipe straightTipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannya begini (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan - lihat Gambar 4) : 2 oranye - 1 hijau - 2 biru - 1 hijau - 2 coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua dan seterusnya. Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.Gambar 4Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah yang penulis foto dari sebuah buku.Yang kiri urutan korespondensi buat tipe straight, yang kanan yang crossWaktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya trus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Andak tidak perlu repot harus melepaskan isolasi pada bagian ujung kabel, karena waktu Anda memasukan kabel itu ke konektor lalu ditekan (pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yang ada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agar penekannya (pressing) yang keras, soalnya kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya. Kalau sudah kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1 atau belum. Kalau ternyata sudah benar dan masih gagal, berarti memang Anda belum beruntung. Ulangi lagi sampai berhasil.LAN TESTER - alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika benar maka led 1 sampai 8 berkedip.Berikut adalah gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar):Urutan Pin StandarDan kalau yang ini tidak standar, coba perhatikan urutan warna pinnya, sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa, yang penting korespondensinya satu satu (khusus tipe straight):Urutan Pin TIDAK StandarTipe CrossUntuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pasangnya. Kalau pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin 3 ujung yang lain, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2. Praktisnya begini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untuk yang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susun pinnya sesuai standar buat tipe “cross".Masih bingung? Begini cara mudahnya :1. Ujung pertama:2. Oranye muda3. Oranye tua4. Hijau muda5. Biru muda6. Biru tua7. Hijau tua8. Coklat muda9. Coklat tuaMaka di ujung yang lain harus dibuat begini :1. Hijau muda2. Hijau tua3. Orange muda4. Biru muda5. Biru tua6. Orange tua7. Coklat muda8. Coklat tuaSudah agak lebih mengerti? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 yang ditukar. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyalasemua setiap led dari nomor 1 sampai 8.OK, selamat membangun jaringan komputer. Semoga Anda bisa berhasil sewaktu memasang konektor pada kabelnya. Semoga ilmu ini berguna buat Anda, soalnya waktu dulu penulis pertama kali membuat jaringan hasilnya lucu sekali, untuk mengupas kabelnya penulis masih menggunakan cutter, padahal sudah ada fasilitasnya di crimp toolnya. Tambah lagi ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakan cutter, padahal yang betul tidak perlu dikupas satu-satu, biarkan saja rata, karena nantinya apabila di 'crimp tool' maka pin tersebut masing-masing akan tembus ke dalam kabelnya. Semoga Anda tidak melakukan hal sama seperti penulis dulu.Demikian tulisan mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga berguna bagi Anda semua. Jika ada komentar atau saran bisa dikirimkan melalui gegakomputer@yahoo.co.id. Terima kasih.August 06, 2007 in Web/Tech Permalink Comments (0) TrackBack (0) Recent PostsMengembalikan Folder yg hil4ng Teknologi Jaringan Artikel Syndicate this site (XML) About Us Contact Us Events Promote My Profile Help Terms of Service Privacy Policy
Selasa, 08 Juli 2008
jaringan
Diposting oleh blatow di 01.03 0 komentar
Minggu, 06 Juli 2008
LAN
JARINGAN WORKGROUP, LAN & WANPenggabungan teknologi komputer dan komunikasi berpengaruh sekali terhadap bentuk organisasi sistem komputer. Dewasa ini, konsep "pusat komputer", dalam sebuah ruangan yang berisi sebuah komputer besar, tempat dimana semua pengguna mengolah pekerjaannya, merupakan konsep yang sudah ketinggalan jaman. Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem seperti ini disebut sebagai Jaringan Komputer (Computer Network) .Apa jaringan komputer itu dan apa manfaatnya? Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom disini adalah untuk membedakan dengan sistem master/slave. Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dengan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukanlah suatu jaringan; komputer besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan.Manfaat Jaringan Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.Ada tiga tipe jaringan yang umum yang digunakan antara lain :- Jaringan WorkGroup, - Janringan Lan, dan - Jaringan WanJaringan WorkgroupJaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan Local Area Network Card, serta dengan menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan print document pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.Keuntungan Jaringan Workgroup.· Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing). · Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua unit komputer (Printer Sharing). · Akses data dari/ke unit komputer lain dapat di batasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan. · Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat. · Bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.Jaringan LANLAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.Keuntungan Jaringan LAN.· Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing). · Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing). · File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin. · File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol. · Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat. · Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali. · Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat. · Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem. Jaringan WANWAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.Keuntungan Jaringan WAN.· Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang. · Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat. · Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat. · Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
08/01/28
oleh blatow
Hapus
1 – 28 dari 28
Diposting oleh blatow di 20.25 0 komentar
Selasa, 01 April 2008
MEMBANGUN SISTEM KOMPUTASI TERDISTRIBUSI
DENGAN PEMROGRAMAN C++
Oleh:BLATOW
Abstrak
Pemrograman C++ untuk membangun aplikasi client
server tunggal salah satunya bisa dikembangkan
dengan memanfaatkan aplikasi socket. Tetapi lain
halnya untuk membangun aplikasi komputasi
terdistribusi yang memiliki server aplikasi yang
terpisah/terdistribusi secara fisik maupun secara
logik. Lebih berdaya lagi jika C++ bisa
dimanfaatkan untuk aplikasi terdistribusi ini. Pada
tulisan ini akan coba dirancang dan dikembangkan
pemrograman C++ untuk sistem terdistribusi yang
lebih kompleks. Agar C++ bisa diberdayakan untuk
membangun aplikasi terdistribusi maka terlebih
dahulu harus memilih sebuah framework yang
mendukung sistem terdistribusi. Diantara beberapa
framework yang bisa digunakan adalah diantaranya
framework terdistribusi berbasis CORBA (Common
Object Request Broker Architectur). Dalam
Arsitektur CORBA, ada bahasa-bahasa
pemrograman yang bisa digunakan untuk
mengembangkan aplikasi terdistribusi adalah
diantaranya: Java, C++, Delphi, dan Phyton. Untuk
bahasa C++ programmer bisa memanfaatkan
compiler yang memiliki dukungan untuk CORBA.
Compiler yang akan digunakan adalah MICO-C++
dari Mico.org. Compiler ini free dan akan dicoba
untuk dimanfaatkan untuk memberdayakan C++
untuk aplikasi terdistribusi.
Kata kunci : CORBA, C++, Pemrograman
Terdistribusi, Mico
Sistem Komputasi Terdistribusi
Pada sistem client-server dengan server tunggal,
server akan memiliki beban yang semakin berat jika
semakin banyak aplikasi yang ada di server dan
semakin banyak client yang me-request aplikasiaplikasi
tersebut. Salah satu solusi untuk bisa
mengatasi masalah tersebut adalah dengan
memanfaatkan sistem komputasi terdistribusi. Dalam
sistem ini, aplikasi-aplikasi akan didistribusikan
secara fisik maupun logik. Secara fisik, aplikasi akan
didistribusikan ke beberapa mesin, sehingga server
akan merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari
beberapa mesin. Salah satu deskripsi sederhana untuk
menjelaskan sistem terdistribusi ini adalah sistem
layanan nasabah di sebuah bank. Teler ibarat sebuah
server yang digunakan untuk melayani berbagai
macam transaksi, seperti stor tabungan, transfer, dan
pengambilan tabungan. Transaksi-transaksi itu bisa
dianggap sebagai aplikasi-aplikasi yang bisa
dilakukan oleh sebuah server. Jika nasabah yang antri
untuk dilayani semakin banyak sementara teler hanya
satu orang, maka beban teler akan berat, antrian akan
sangat lama untuk bisa dilayani semua. Solusinya
adalah dengan menambah beberapa teler, sehingga
antrian bisa didistribusikan ke beberapa teler itu.
Dalam konteks sistem terdistribusi secara logik,
sistem akan dibagi-bagi berdasarkan aplikasi logik,
sistem model ini tidak memandang apakah setiap
aplikasi itu berada di mesin yang sama atau berbeda.
Untuk membangun aplikasi komputasi terdistribusi,
maka memerlukan framework yang bisa mendukung
integrasi dari beberapa aplikasi. Salah satu
framework yang digunakan (dan yang akan dipakai)
dalam tulisan ini adalah arsitektur CORBA (Common
Object Request Broker Architecture).
Arsitektur CORBA
CORBA pertama kali dikembangkan oleh OMG
(Object Management Group), yaitu sebuah
konsorsium dari beberapa perusahaan software besar,
seperti SUN Microsystem, IBM dan termasuk
Microsoft, walaupun kemudian Microsoft membuat
sebuah arsitektur sendiri yang diberi nama DCOM
(Dynamic Common Object Model).
Awalnya ada belasan perusahaan, tetapi sekarang ada
sekitar lebih dari 800 vendor yang mendukung
arsitektur CORBA ini.
Salah satu isu dikembangkannya arsitektur CORBA
adalah sistem terdistribusi yang bisa didukung oleh
banyak platform pemrograman, dan oleh banyak
vendor perusahaan software. CORBA ingin
mewujudkan bahwa beberapa vendor software
maupun platform yang berbeda tetapi antara satu
dengan lainnya diharapkan bisa salah melakukan
interoperasi. Beberapa isu yang lain yang dialamati
CORBA adalah :
- orientasi objek, aplikasi CORBA dibangun oleh
objek-objek
- independensi hardware, sistem operasi
- transparansi distribusi
CORBA terdiri dari empat komponen utama, yaitu
ORB (Object Request Broker) yang merupakan jalan
raya objek-objek untuk bisa saling berkomunikasi,
COS (Common Object Services) yang merupakan
layanan-layanan yang bisa dipakai untuk komunikasi
antar objek tersebut, CORBA Facilities yang
merupakan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan
oleh objek-objek yang dibangun, dan Object
Application yang merupakan objek-objek yang instan
untuk dapat langsung digunakan oleh programmer.
Empat komponen tersebut ada ditataran konsep,
sedangkan untuk membangun aplikasi real berbasis
CORBA yang dibutuhkan adalah sebuah komponen
yang disebut IDL (Interface Definition Language).
Membangun Sistem Komputasi Terdistribusi dengan Pemrograman C++ (Maman Somantri)
27
IDL (Interface Definition Language)
IDL adalah bukan bahasa pemrograman. IDL hanya
bahasa untuk mendeklarasikan atau mendefinisikan
interface-interface yang akan digunakan. IDL adalah
bagian paling utama yang harus dikembangkan ketika
pertama kali akan mengembankan sistem komputasi
terdistribusi berbasis CORBA.
Dalam IDL hanya menyebutkan interface yang akan
dijadikan layanan (what), tidak menjelaskan
bagaimana detail layanan itu (How). Script IDL
memang mirip script bahasa C, tetapi bukan bahasa
C. IDL ini akan dikompilasi dengan IDL Compiler
yang dimiliki setiap software ORB. Jika yang akan
digunakan untuk membangun sistem terdistribusi
adalah bahasa Java maka IDL Compiler akan mengenerate
class-class bahasa Java. Begitu pula jika
untuk bahasa C++. IDL Compiler yang mendukung
bahasa C++ adalah MICO-C++ dari Mico.org. MICO
ini akan men-generate class C++ yaitu *.h dan *.cc.
Maka untuk bisa membangun aplikasi berbasis
framework CORBA, seorang programmer harus
mengetahui terlebih dahulu konsep pemrograman
IDL.
Teknik Pemrograman C++ Terdistribusi
Langkah-langkah teknis pemrograman C++ dengan
menggunakan Compiler MICO-C++ adalah sebagai
berikut:
- membuat file IDL dan mengkompilasi file
tersebut.
- Membangun aplikasi server.
- Membangun aplikasi client
- Mengkompilasi file-file aplikasi server dan client
yang sudah dibuat itu.
Selain langkah-langkah diatas beberapa konsep
pemrograman yang penting untuk membangun
aplikasi CORBA adalah pemrograman IDL (interface
definition language). IDL ini sangat penting dan
pertama kali yang harus dipersiapkan pada saat mulai
pengembangan program.
Hal sangat penting dan perlu diperhatikan dalam
konsep pemrograman distribusi berbasis CORBA
adalah CORBA memisahkan interface dan
implementasi dalam modul terpisah. Berbeda dengan
konsep Remote Method Invocation (RMI) yang
dimiliki Java Teknologi. RMI menggabungkan
interface dengan implementasi.
Implementasi Pemrograman C++ Untuk
Komputasi Terdistribusi
a. Analisa Kebutuhan sistem
Sebelum melangkah ke implementasi sistem
beberapa perangkat lunak yang perlu dipersiapkan
adalah :
- Compiler C++, karena sistem akan
dikembangkan dibawah sistem operasi Linux,
salah satu yang ada di paket linux untuk
compiler C++ adalah g++.
- Perangkat lunak ORB C++ yang akan digunakan
yaitu MICO-C++ yang bisa didownload secara
gratis dari mico.org. Kemudian diinstalasi di
sistem operasi linux. Untuk pengujian client
server dengan 2 komputer atau lebih maka
MICO-C++ ini harus diinstalasi pada semua
komputer yang akan digunakan. MICO-C++
yang digunakan adalah versi 2.3.11 yang sangat
selaras dan mendukung CORBA spesifikasi 2.3.
- Implementasi yang akan dipakai untuk uji coba
program adalah aplikasi perbankan. Dalam
aplikasi ini ada beberapa layanan diantaranya
withdraw, balance dan deposit.
b. Pemrograman MICO-C++
Sesuai dengan analisa kebutuhan sistem diatas maka
aplikasi yang akan dipakai adalah bank account.
Bank account menawarkan 3 layanan, withdraw yaitu
pengambilan sejumlah uang, deposit yaitu
menyimpan sejumlah uang, dan balance yaitu
aplikasi bank untuk menghitung jumlah uang yang
ada.
Langkah pertama adalah membuat file IDL. Untuk
aplikasi bank account ini maka file IDLnya adalah
sebagai berikut:
interface Account {
void deposit (in unsigned
long amount);
void withdraw(in unsigned
long amount);
long balance();
};
kita dapat melihat bahwa aplikasi bank account ini
memiliki 3 layanan deposit dan withdraw dengan
nilai input amount, dan layanan balance. File IDL ini
disimpan dengan nama file account.idl dan kemudian
dikompilasi dengan compiler IDL yang ada didalam
MICO-C++. Kompilasi yang dilakukan adalah
sebagai berikut:
c/>idl --boa –nopoa account.idl
hasil kompilasi file tersebut akan men-generate file
account.h dan account.c. Dalam file-file itu memuat
deklarasi class sebagai dasar class untuk
implementasi objek account. Untuk setiap
layanan/interface yang dideklarasikan di file idl maka
IDL Compiler akan men-generate sebuah C++ class.
Untuk lebih jelas bagaimana aplikasi MICO ini
dibangun, maka dapat diperhatikan gambar berikut :
Transmisi, Vol. 9, No . 1, Juni 2005 : 26 – 30
28
Gambar pembuatan implementasi MICO
Langkah berikutnya adalah membangun aplikasi
client dan server. Agar client bisa memanggil aplikasi
server maka client harus tahu identitas server yang
akan dipanggil. Kalau dalam jaringan komputer kita
mengenal IP Address untuk mengalamati sebuah host
dalam sebuah jaringan, dalam CORBA pengalamatan
ini bisa menggunakan sebuah layanan yang
disediakan oleh CORBA Common Object Services.
Layanan untuk pengalamatan ini adalah Naming
Service (layanan penamaan). Naming Service ini
akan memberi sebuah ID (identitas) sesuai dengan
format CORBA. Salah satu metode agar programmer
tahu seperti apa pengalamatan yang dilakukan oleh
CORBA adalah Stringification. Stringification ini
mengubah alamat objek (yang akan dipanggil) ke
bentuk string, kemudian disisi client string ini akan di
konversi lagi oleh CORBA ke format aslinya. Dalam
implementasi pemrograman method ini dilakukan
dengan cara memanggil string_to_object dan
object_to_string.
Untuk ap likasi server maka program bank account ini
bisa ditulis sebagai berikut:
// file account_server.cc
#include
#include
#include “account.h”
class Account_app : virtual public
Account_skel
{
//Definisi implementasi Account
Account::Account()
{
_current_balance = 0;
}
void Account::deposit(unsigned long
amount)
{
_current_balance += amount;
}
void Account::withdraw(unsigned long
amount)
{
_current_balance -= amount;
}
long Account::balance ()
{
return _current_balance;
}
int main(int argc, char *argv[])
{
// inisialisasi ORB
CORBA::ORB_var orb = CORBA::init (argc,
argv, “mico-local -orb”);
//inisialisasi ORB
CORBA::BOA_var boa = orb->BOA_init
(argc, argv, “mico-local-boa”);
//Inisialisasi Object adapter
Account_app* server = new
Account_app;
//objek server
CORBA::String_var ref=orb-
>object_to_string (server);
//panggil method stringification
//untuk memberi ID ke objek server
ofstream out(“/home/maman/tmp/
account.objid”);
//simpan di direktori
out << ref << endl;
//tampilkan refensi objek ID
out.close();
boa->impl_is_ready
(CORBA::ImplementationDef::nil());
//menginisialisasi object adapter
orb->run;
//running ORB untuk memposisikan
//server menjadi posisi
//mendengarkan panggilan
//dari client
CORBA::release(server);
//melepaskan panggilan jika sudah
// selesai
return 0;
}
sedangkan untuk aplikasi client harus dibuat sebuah
program yang memanggil ID server dan memanggil
aplikasi yang ada di server .
//file account_client.cc
#include
#include
#include “account.h”
int main(int argc, char *argv[])
{ //main method
CORBA::ORB_var orb = CORBA::init (argc,
argv, “mico-local -orb”);
//inisialisasi ORB
CORBA::BOA_var boa = orb->BOA_init
(argc, argv, “mico-local-boa”);
//inisialisasi objek adapter
ifstream in
Server
client
account.c
account.h
server.cc
account.id
client.cc
Membangun Sistem Komputasi Terdistribusi dengan Pemrograman C++ (Maman Somantri)
29
(“/home/maman/tmp/account.objid”);
char_ref[1000];
in >> ref;
in.close();
//membaca file objek ID yang masih
//dalam bentuk string
CORBA::Object_var obj =
orb->string_to_object (ref);
//menkonversi string ke objek ID
Account_var client =
Account::_narrow(obj);
//objek client
client->deposit (1000);
client->withdraw (500);
cout << “Balance is “ <<
client->balance() << endl;
//memanggil aplikasi sambil memberi
//nilai untuk diproses
return 0;
}
Langkah berikutnya adalah mengkompilasi program
server dan client yang sudah dibuat menjadi objek
(.o). Untuk mengkompilasi dengan menggunakan
MICO-Compiler maka digunakan perintah berikut:
mico-c++ -I. –c account_server.cc –o
account_server.o
mico-c++ -I. –c account_client.cc –o
account_client.o
mico-c++ -I. –c account.cc –o account.o
objek-objek yang sudah dibuat kemudian dikompilasi
lagi untuk membuat sebuah program yang bisa
dieksekusi. Perintahnnya adalah:
mico-ld –o server account_server.o
account.o –lmico2.3.11
mico-ld –o client account_client.o
account.o –lmico2.3.11
Pengujian
Setelah semua class yang di-generate oleh Compiler
IDL di kompilasi, aplikasi server dan client juga
didevelop dengan acuan kerangka dari class-class
yang sudah ada, langkah berikutnya adalah running
program dan pengujian program. Program yang
harus pertama kali dijalankan adalah class Server,
berikutnya baru dari sisi client dijalankan aplikasi
client. Untuk pengujian ini hal yang pertama kali
harus di perhatikan adalah koneksi dari client ke
server, dalam hal ini kemampuan untuk sebuah objek
koneksi ke objek lain dan mampu melakukan
interoperasi, atau dalam istilah lain disebut
interoperabilitas. Interoperabilitas adalah kemampuan
antara 2 sistem atau lebih untuk bisa saling bertukar
informasi dan menggunakan informasi tersebut.
Menjalankan Server
Server bisa dijalankan dengan memanggil class
aplikasi server sesuai dengan perintah berikut:
server
Menjalankan Client
Client bisa dijalankan dengan memanggil class
aplikasi client dengan perintah sebagai berikut:
client
Aplikasi client bisa dilakukan di sebuah komputer
yang sama dengan server atau di mesin komputer
yang berbeda.
Respon dari hasil setelah client dijalankan adalah
sebagai berikut:
Balance is 500
Sedangkan jika server dimatikan respon yang muncul
adalah sebagai berikut:
Analisa dan Pembahasan
Dengan menggunakan IDL Compiler milik MICO
maka secara otomatis file idl, yang memuat deklarasi
interface-interface yang akan digunakan, akan
membangkitkan class -class dasar yang akan
digunakan untuk hubungan client/server. Programmer
tidak perlu sulit untuk memikirkan class-class apa
yang harus dibuat untuk antarmuka dan bagaimana
menghubungkan client/server dengan memanfaatkan
antarmuka yang ada. Yang perlu dilakukan hanya
mendeklarasikan interface ke dalam file idl,
kemudian di kompilasi.
File-file yang digenerate oleh compiler MICO IDL
secara otomatis akan memisahkan client dan server.
Bagian client ini kemudian disebut client stub, dan
bagian untuk server disebut server skeleton, kedua
bagian ini merupakan ker angka yang akan digukan
arsitektur CORBA untuk bisa mengintegrasikan
semua objek yang dikembangkan.
Pemrograman C++ memang cukup powerful untuk
aplikasi client/server terdistribusi, namun disisi client
interfacenya sederhana. Untuk bisa membangun
aplikasi berbasis web maka disisi client harus
menggunakan bahasa pemrograman yang mendukung
untuk aplikasi web. Misalnya Java dengan teknologi
JSP dan Servletnya bisa digunakan untuk
membangun aplikasi berbasis web. Dan disisi server
tetap bisa menggunakan C++ untuk aplikasinya. Hal
ini bisa dilakukan dengan menggunakan CORBA.
Daftar Pustaka
---, Mico Documentaion, http://mico.org
D. Allen, 1996, CORBA Technology for Cross -
domain Interoperability in Embedded Military
Systems, and Issues in Its Use, Proceeding of
WORDS ’96 Second Workshop, pp. 173-178.
S. Baker, Addison Wesley, November 1997, CORBA
Distributed Objects: Using Orbix.
Cetus Links, CORBA Links,
Chris Exton, Damien Watkins and Dean Thompson,
Department of Software Development, Faculty
of Computing & Information Technology,
Transmisi, Vol. 9, No . 1, Juni 2005 : 26 – 30
30
Monash University Australia, 1997,
Comparisons between CORBA IDL &
COM/DCOM MIDL Interfaces for Distributed
Computing
Ivor Horton, Wrox Press Ltd., 2000, Beginning Java
2 – JDK 1.3 Edition.
T. Mowbray and T. Brando, 1993, Object Magazine,
Interoperability and CORBA – Based Open
System, pp. 50-54.
OMG Links, OMA Links
OMG Links,
J. Siegel, John Wiley and Sons, April 1996, CORBA
Fundamental and Programming.
Suhail M. Ahmed, Sams Publishing, 1998, CORBA
Programming Unleashed.
Andrew S. Tanembaum, Maarten Van Steen, Prentice
Hall, 2002, Distributed System, Principles and
Paradigms.
Diposting oleh blatow di 21.11 0 komentar
bahasa c++
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
4.5. Programming Language
Programming language atau bahasa program adalah suatu bahasa ataupun suatu tatacara yang dapat digunakan oleh manusia (programmer) untuk berkomunikasi secara langsung dengan komputer. Jenis programming language sangatlah banyak. Tetapi secara umum, pengertian programming language dapat dibagi menjadi dua, yaitu Low Level Language dan High Level Language.
Low level language adalah suatu bahasa program atau suatu tatacara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Dalam hal ini tatacara yang digunakan masih ber-orientasi dengan mesin, dikarenakan itu low level langugae juga disebut sebagai bahasa mesin.
Untuk menggunakan bahasa ini, programmer harus menuliskan instruksi untuk setiap instruksi secara jelas dan teliti. Setiap program dan data yang ditulis, harus ditentukan pula address dimana data dan program akan disimpan. Programmer juga harus mengetahui lokasi setiap indikator ataupun register dan program untuk seluruh fungsinya.
Satu-satunya simbol yang tersedia untuk mengkomunikasikan tindakan yang dilakukan dan meng-identifikasikan data adalah 0 dan 1. Instruksi yang ada harus ditulis dalam urutan dan aturan dimana mereka harus ditmapilkan. Oleh karena itu, apabila salah satu instruksi hilang karena terjadi kesalahan/kekuarang telitian, seluruh instruksi harus dire-alokasi-kan untuk membuat ruang guna menambahkan instruksi tersebut, dan ini berarti pengubahan lokasi data.
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, bahasa mesin kemudian dikembangkan menjadi assembly language. Dengan adanya pengembangan ini, dimungkinkan untuk menuliskan program dengan menggunakan kode instruksi dan label yang mewakili lokasi penyimpanan dengan syarat komputer memiliki sarana untuk menterjemahkan kedalam bahasa mesin.
Bahasa ini disebut sebagai assembly language dan program untuk menterjemahkannya kedalam kode mesin disebut sebagai asembler. Pada umumnya terdapat hubungan satu untuk satu antara masing-masing instruksi bahasa assembly dengan instruksi kode mesin. Gambar disamping menunjukkan versi asembly dari kode mesin.
Program yang ditulis oleh programmer dalam bahasa assembly disebut sebagai source program Jika program ini kemudian diubah kedalam bahasa mesin, disebut sebagai object program. Dengan adanya bahasa assembly ini, programmer tidak perlu meng-alokasikan address secara khusus, dan ia cukup memberikan nama atau label serta menginduksikan ukuran dan format yang diperlukan. Assembler kemudian bertanggung jawab atas pengalokasian dan penyimpanan.
Dengan menggunakan nama-nama simbolik untuk data dan kode-kode pengoperasian, tugas programmer dibuat lebih mudah dari pada menggunakan kode numeric bahasa mesin. Alokasi penyimpanan oleh assembler juga memungkinkan progremmer membuat perubahan-perubahan, penambahan dan penghilangan instruksi cenderung lebih mudah dan cenderung membuat kesalahan yang lebih kecil. Karena masih berhubungan dengan bahasa mesin, assembly sangat efisien dalam penggunaan fasilitas mesin.
Bahasa assembly adalah low level language, yakni lebih dekat dengan kode mesin dari pada bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena masih berorientasi mesin, membutuhkan programmmer yang memiliki pengetahuan mesin secara baik. Transfer program bahasa mesin kemesin untuk type berbeda sering sulit dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Programmer masih harus mempelajari bahasa assembly untuk mesin yang berbeda.
High level language merupakan suatu bahasa program atau suatu tata cara yang dapat digunakan untuk memberi perintah/instruksi kepada komputer. Tata cara yang ada sangat mirip dengan tata cara yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi. Dengan demikian, high level language lebih mudah untuk dipelajari. Semua kalimat, kata ataupun aturan yang ada didalam high level language, juga merupakan kalimat ataupun kata ataupun aturan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Karena jangkauan pemakai komputer adalah international, maka aturan ataupun kalimat ataupun kata-kata dasar yang digunakan pada high level language, kemudian disesuaikan dengan aturan-aturan dan kalimat yang ada dalam bahasa Inggris.
Jenis high level language cukup banyak, seperti misalnya BASIC, COBOL, FORTRAN dan lain sebagainya. Sama halnya dengan tatacara yang terdapat dalam bahasa assembly, penulisan program dalam high level language juga harus diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum proses dilakukan. Program penterjemah disebuh compiler atau interpreter.
Setiap bahasa didalam high level language mempunyai aturan dan tata cara sendiri-sendiri, demikian pula halnya dengan compiler ataupun interpreter yang ada. Hal ini juga bisa disamakan dengan bahasa yang digunakan oleh manusia, dimana antara satu bahasa dan bahasa lainnya tidaklah sama, dan semuanya memiliki aturan dan tatacara sendiri-sendiri.
Untuk bahasa BASIC misalnya, susunan programnya selalu terdiri atas tiga hal, yaitu line number, keyword dan body program. Dalam hal ini BASIC merupakan singkatan dari Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code. Basic menjadi sangat populer karena dapat dibuat dengan cara yang ber-struktur ataupun tidak, disamping itu, BASIC memiliki versi interpreter dan versi compiler.
BASIC menjadi populer seiring dengan hadirnya microcomputer, yaitu pada akhir 70-an. Demikian populernya BASIC, sehingga banyak pabrik komputer PC pada saat itu yang membuat BASIC dalam versi ROM (Read Only Memory) disamping versi interpreter ataupun compiler. Sehingga pada saat komputer dinyalakan, komputer tersebut langsung siap menjalankan BASIC. Belum ada satu bahasa selain BASIC yang dibuat dalam pelbagai versi.
Selain keunggulan-keunggulan tersebut, BASIC juga sangat cocok digunakan untuk pemula ataupun bagi programmer senior. BASIC juga cocok untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bisnis ataupun persoalan scientific. Dengan adanya line number yang dimilinya, BASIC akan memproses program dari urutan yang kecil menuju keline number yang besar. Tetapi dengan adanya instruksi GOTO, proses ini bisa dibelokkan keurutan lainnya.
Bahasa berikutnya adalah COBOL yang merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language. Bahasa ini terbagi menjadi empat divisi, yaitu Identification Division, Environtment Devision, Data Devision dan Prosedure Devision. Susunan bahasa ini sangat rapi dan teliti sehingga menyerupai tulisan seorang manajer pada saat membuat laporan ataupun seorang pengarang sedang membuat buku
Pada tahun 1959, CODASYL (Conference on Data System Language) didirikan dengan anggota yang terdiri dari wakil-wakil pemakai komputer dan pabrik. Dua tahun kemudian, spesifikasi pertama dihasilkan dengan nama COBOL. Akhirnya COBOL menjadi bahasa pemrograman yang digunakan paling luas dalam aplikasi komersial ataupun bisnis. Lebih dari 40% instalasi komputer didunia masih menggunakan COBOL.
COBOL juga bisa dianggap sebagai suatu bahasa yang menggunakan sistem dokumentasi yang rapi dan teliti seperti halnya bahasa Inggris. Dengan adanya hal ini, pemakai menjadi mudah untuk membaca dan mengerti, dan programmer juga menjadi mudah untuk melakukan debug atau pemeriksaan program. Persoalan bisnis selalu memerlukan adanya data dalam jumlah yang besar, serta kecepatan untuk memprosesnya. COBOL menjawab dengan instruksi-instruksi yang sederhana dan mudah dimengerti.
PASCAL Programming Language juga merupakan suatu bahasa, dimana nama yang ada diambil dari nama seorang ilmuawan Perancis yang sangat terkenal, yaitu Blaise Pascal. Bahasa ini tersusun dengan pola struktur yang mengalir dari atas kebawah. Disamping itu, sebuah program yang besar dapat dipecah-pecah dalam beberapa modul program yang lebih kecil. Dengan demikian, bahasa ini dapat mendorong seorang programmer untuk melihat sebuah persoalan secara logic.
Konsep pemrograman secara modular (suatu program yang dibagi dalam beberapa bentuk modul) yang sangat menarik diperkenalkan oleh Turbo Pascal mulai versi 4.0. Modul ini dikenal dengan unit (Turbo Pascal UNIT/TPU). Dengan menggunakan unit, suatu modul bagian dari program dapat dikompilasi secara terpisah terhadap program utama, sehingga hasil compilasi program utama tidak terlalu besar. Dengan demikian apabila program dijalankan, tidak memerlukan memory yang terlalu besar.
Dengan adanya pola program yang terstruktur (structured programming) yang juga merupakan salah satu rancangan teknik, maka bentuk program PASCAL menjadi standart sehingga mudah untuk melakukan pelacakan arah program ataupun saat diperlukan perbaikan. PASCAL menggunakan instruksi IF-THEN-ELSE dan DO-WHILE untuk mengontrol struktur dari program yang dimilikinya.
dBASE Programming merupakan salah satu high level languge yang telah dikembangkan sedemikian rupa secara specifik untuk microcomputer, sehingga memungkinkan adanya penggunaan software secara minimum, tetapi pemakai dapat dengan mudah dan cepat dapat menentukan, membangun dan kemudian meng-access (memanggil kembali) file-file yang mereka miliki.
Dengan adanya hal ini, pemakai dapat dengan mudah mengolah dan membuat laporan dari file mereka sendiri secara interaktif melalui keyboard dan layar monitor ataupun printer. dBase juga menawarkan suatu penulisan dan penyimpanan urutan-urutan tindakan, dan mengulanginya jika diperlukan. Dengan kata lain, dBase adalah bahasa yang diinterpetasikan dan menghasilkan kode intermediate.
Para pengguna komputer berbasis Windows, kini menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek Bahasa pemrograman yang ditawarkan dengan banyak kemudahan ini, menggunakan kosa kata yang cantik, yakni Visual, sehingga kita mengenal adanya Delphi milik Borland, Visual C++, Visual Basic, atau Oracle, PowerBuilder, Visual dBase, Visual Foxpro, untuk aplikasi database.
Visual Basic dari Microsoft Corporation, merupakan bahasa pemrograman yang secara cepat dan mudah dapat digunakan untuk membuat aplikasi pada Microsoft Windows.
Kata "Visual" yang ada, menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat graphical user interface (GUI). Dengan cara ini kita tidak lagi memerlukan penulisan instruksi pemrograman dalam kode-kode baris, tetapi dengan secara mudah kita dapat melakukan drag dan drop objek-objek yang akan kita gunakan.
Kata "Basic" merupakan bagian bahasa BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code), yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programmer untuk menyusun aplikasi. Visual Basic dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC dan sekarang banyak berisi statemen, fungsi, dan keyword, yang beberapa diantaranya terhubung ke Windows GUI. Versi terbaru program ini menggunakan nomor versi 6.0
Guna menyusun sebuah aplikasi, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja. Dengan membuat user interface melalui kontrol "drawing", seperti halnya text box dan command button, dalam sebuah form. Selanjutnya kita dapat mengatur properti untuk form dan kontrol yang ada di dalamnya. Misalnya memberi nilai caption, color, dan size. Untuk proses terakhir, kita dapat menuliskan kode untuk memasukkannya ke dalam sebuah aplikasi.
Jika kita sudah mengetahui urutan proses pembuatan aplikasi diatas, hal ini akan membantu untuk mengetahui konsep di mana Visual Basic membangun sebuah aplikasi. Karena Visual Basic merupakan bahasa pemrograman Windows, yang telah lama "bersahabat" dengan para pemakainya dan banyak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan penggemarnya, hal ini akan memudahkan programmer versi BASIC. Jika kita seorang programmer Windows baru, masih memerlukan pemahaman yang mendasar dari sebuah program.
Visual Basic 6.0 dapat digunakan dalam tiga edisi, dimana setiap edisinya menunjukkan fasilitas dan kemampuan sendiri-sendiri.
o Edisi Learning
Di dalam edisi ini para programmer diberi kesempatan untuk membuat sebuah aplikasi sederhana Microsoft Windows dan Windows NT secara mudah. Di dalamnya disertakan beberapa kontrol sederhana, ditambah grid, tab, dan kontrol data-bound.
o Edisi Professional
Di dalam edisi ini disertakan tool-tool yang lengkap. Di samping berisi semua fasilitas yang ada dalam edisi Learning, juga ditambah kontrol ActiveX, Desainer Aplikasi Informasi Internet, Integrated data Tools dan Data Environment, Active Data Objects, serta Dynamic HTML Page Designer.
o Edisi Enterprise
ini memberikan ijin kepada para profesional untuk membuat aplikasi dalam sebuah tim. di dalamnya dimasukkan semua fasilitas yang ada pada edisi Professional, ditambah tool Back Office seperti SQL Server, Microsoft Transaction Server, Internet Information Server, Visual SourceSafe, SNA Server, dan masih banyak yang lainnya.
Keuntungan Menggunakan Visual Basic
Produk-produk Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, Excel, ataupun Access, menyediakan fasilitas untuk mengoptimalkan kegiatan melalui fasilitas makro. Jika kita perhatikan, makro merupakan pemrograman yang dikhususkan untuk program aplikasi tersebut. Sintaks bahasa Basic juga digunakan dalam pemrograman ini atau disebut dengan Visual Basic for Application (VBA). Dengan demikian, jika kita telah mengenal Visual Basic, kita akan dengan mudah untuk melakukan pemrograman menggunakan aplikasi-aplikasi ini.
Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan Internet, peluang memanfaatkan Internet untuk tujuan bisnis sudah merupakan hal yang tidak terelakkan lagi . Untuk mengantisipasi hal ini, Microsoft juga telah merencanakan untuk mengembangkan pemrograman khusus Internet yang menggunakan bahasa Visual Basic yang disebut dengan Visual Basic Script.
Visual Foxpro 6.0 merupakan versi terbaru dari generasi FoxPro. FoxPro sendiri merupakan perangkat lunak yang tidak hanya terbatas untuk membangun aplikasi berbasis database, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat label surat misalnya.
Visual FoxPro 6.0 datang bersama produk-produk Microsoft lain dalam paket Visual Studio 6.0, seperti Visual Basic, Visual C++, dan lainnya. Dalam versi terbarunya ini, Visual FoxPro mempunyai banyak sekali fasilitas-fasilitas baru yang tidak akan kita dapatkan pada versi sebelumnya.
FoxPro adalah sebuah Sistem Manajemen Database (Database Management System/ DBMS) elektronik, yang membantu kita untuk mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Sedangkan Visual Foxpro sendiri adalah bahasa pemrograman visual yang berorientasi pada obyek dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS). Visual FoxPro mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dipunyai oleh bahasa pemrograman lain.
Beberapa fasilitas baru yang dimiliki oleh Visual FoxPro versi 6.0 adalah:
o Access dan Assign Methods
Metode ini digunakan untuk mengeksekusi kode ketika nilai sebuah properti diquerikan atau ketika kita berniat mengubah nilai properti. Keuntungannya adalah kita dapat membuat sebuah interface publik untuk sebuah class atau objek yang memisahkan interface dari implementasi. Keuntungan lainnya adalah, kita dapat dengan mudah meng-implementasikan validasi properti dan juga dapat melindungi properti dalam kontrol ActiveX yang di-subclass-kan.
o Active Document
Sebuah Active Document adalah sebuah Windows-based, aplikasi non-HTML yang diletakkan pada sebuah browser. Active Document menyediakan sebuah cara untuk fungsionaliti sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui interface browser. Aplikasi Active Document Visual FoxPro sama seperti aplikasi Visual FoxPro lain yang dapat kita jalankan, seperti form, laporan dan label, peng-kelas-an siap pakai, dan memanipulasi data, tetapi juga ditambahkan keuntungan lain dalam container Active Document, seperti Internet Explorer.
o Component Gallery
Component Gallery adalah tool baru yang membantu untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan objek seperti librari class, form, button, dan lain-lain ke dalam objek, proyek, aplikasi atau group lainnya. Tool ini sangat dinamik sehingga kita dapat menggunakan, menggadakan atau mengatur kembali komponen antara beberapa klasifikasi dengan Componen Gallery. Component Gallery juga mengandung class pembentuk Visual FoxPro baru yang menyediakan fungsi "right-out-of-the-box".
o Aplikasi Coverage Profiler
Aplikasi Pengulas (Coverage) menulis informasi tentang baris kode mana dalam sebuah file yang kita jalankan. Aplikasi Penampang (Profiler) menyediakan informasi tentang baris mana yang dijalankan, berapa lama, durasi, dan lain sebagainya. Pengulas dan Penampang digunakan untuk mengidentifikasi area masalah dalam sebuah aplikasi, terutama kode yang terlewat dan performansi "leher botol". Visual FoxPro Coverage Profiler juga menyediakan sebuah mesin Coverage yang dapat digunakan menurut keinginan, dan sebuah aplikasi multi jendela yang dapat digunakan untuk menganalisa program dan proyek.
o GIF dan JPEG
Untuk lebih jauh mendukung kemampuan operasi antar Internet, Visual FoxPro ditingkatkan untuk mendukung format file grafis GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Electronic Group).
o HTML Help
HTML Help adalah solusi Microsoft untuk membawa isi Help ke dunia Internet. Visual Studio datang dengan HTML Help Workshop sehingga Anda dapat membuat dan mendistribusikan file HTML Help dengan aplikasi Visual FoxPro.
o Elemen-elemen bahasa baru
Bahasa Visual FoxPro ditingkatkan untuk menyederhanakan tugas pemrogram. Dan juga, banyak fungsi manipulasi nama file yang tersedia dalam Foxtools.fll, perpustakaan Visual FoxPro, telah ditambahkan pada Visual foxPro.
o OLE Drag & Drop
Visual FoxPro sekarang mendukung OLE (Object Linking & Embedded) drag-and-drop, sebuah tool yang canggih dan berguna untuk memindahkan data ke aplikasi lain yeng mendukung OLE drag-and-drop (seperti Visual Basic, Windows Explorer, Microsoft Excel dan Word). Dalam pendistribusian aplikasi Visual FoxPro, Anda dapat memindahkan data antara kontrol dalam aplikasi, atau antara kontrol dan aplikasi Windows lain yang mendukung OLE drag-and-drop.
o Automation Server
Visual FoxPro mengalami peningkatan yaitu pengotomatisan server yang bekerja baik dengan produk dan teknologi seperti Microsoft Visual Basic, Microsoft Transaction Server, dan Active Server Pages.
o Wizard dan Builder baru
Selain peningkatan beberapa wizard yang sudah ada, Visual FoxPro datang dengan wizard-wizard dan builder baru yang membantu dalam membangun aplikasi, membuat database, mempublikasikan data kita pada Web, membentuk pemodelan objek, dan membuat wizard sendiri.
o Dukungan Year 2000 Date
Beberapa bahasa tingkat tinggi telah ditambahkan pada Visual FoxPro untuk mendukung penanggalan Year 2000 dalam kode aplikasi
Visual C++ adalah bahasa pemrograman C++ versi Microsoft. Didasarkan pada bahasa C, C++ adalah versi pembaharuan dari C yang mengambil bahasa C ke evolusi bahasa pemrograman aras berikutnya - yang menyediakan pemrograman berorientasi objek.
Visual C++ adalah bahasa yang dikompilasi. Sebuah compiler C++ (bahasa pemrograman C++ yang merupakan bagian dari Visual C++ kita) mengambil instruksi-instruksi bahasa C++ dan menterjemahkannya ke dalam format yang dapat dibaca komputer. Kompiler C++ adalah perangkat yang digunakan komputer untuk memahami instruksi-instruksi bahasa C++ di dalam program Anda. Microsoft Visual C++ datang bersama editor miliknya dan lingkungan pemrograman terpadu yang membuat pemrograman menjadi mudah dikelola.
Setelah Anda menulis kode Visual C++, Anda menjalankannya melalui Visual C++, menghasilkan instruksi yang terkompilasi dengan benar dan menjalankan program tersebut.
Sebuah praprosesor membaca pengarah praprosesor program untuk mengontrol pengkompilasian. Perhatikan bahwa program Visual C++ Anda harus dilewatkan melalui praprosesor sebelum program dikompilasi. Praprosesor membaca simbol-simbol khusus di dalam kode yang disebut pengarah praprosesor yang Anda masukkan di dalam program, untuk mengontrol pengkompilasian program. Visual C++ dengan sendirinya membentuk langkah praprosesor, sehingga tidak perlu pemahaman tambahan bagi Anda selain meletakkan pengarah praprosesor ke dalam program-program Anda.
Program Anda harus melalui tahapan terakhir setelah pengkompilasian dan sebelum pengeksekusian. Tahapan ini disebut tahapan linking atau link editing. Pada saat program Anda di-link, program yang disebut linker memasok informasi yang diperlukan saat pengeksekusian ke program yang dikompilasi. Anda juga dapat menggabungkan beberapa program yang dikompilasi ke dalam sebuah program yang dapat dieksekusi dengan melakukan link.
Ide munculnya Delphi sebenarnya berasal dari bahasa pemrograman yang cukup terkenal, yaitu Pascal. Pada tahun 1992 Borland International menggabungkan Turbo Pascal for DOS dan Turbo Pascal For Windows menjadi satu paket bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama Borland Pascal versi 7. Karena pemrograman Windows dengan Borland Pascal masih dirasa cukup sulit, maka sejak tahun 1993 Borland International mengembangkan bahasa Pascal yang bersifat Visual. Hasil dari pengembangan ini adalah dirilisnya Borland Delphi tahun 1995.
Sekitar satu tahun sesudahnya, yaitu tahun 1996, Borland International merilis Borland Delphi 2 yang dikhususkan untuk sistem operasi Windows 95 dan Windows NT. Sampai saat ini Borland telah merilis versi terbarunya yaitu Borland Delphi 6.
Borland Delphi 6 adalah lingkungan pengembang aplikasi cepat yang pertama untuk Windows yang mendukung penuh layanan Web. Dengan Delphi 6, pengembang kelompok atau individu dapat membentuk generasi berikutnya dari aplikasi e-business di Internet dengan cepat dan mudah.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Diposting oleh blatow di 21.05 0 komentar
Rabu, 12 Maret 2008
OS linux
Sistem Operasi Linux
Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk komputer
Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi.
Linux bersifat Open Source, yaitu source code dari aplikasi-aplikasi pembentuk sistem dan aplikasi-aplikasi lainnya itu diberikan secara bebas, sehingga orang lain dapat melakukan modifikasi-modifikasi ataupun pengembangan-pengembangan yang sifatnya customize. Oleh karena itu, banyak individu dan organisasi yang mengembangkan Linux sesuai dengan keinginannya.
Macam-macam Direktori yang ada pada sistem operasi linux :
1. /bin & /sbin
Direktori ini menyimpan program-program penting yang digunakan untuk pemeliharaan sistem.Sesuai dengan nama direktorinya, file-file program yang tersimpan didalamnya berupa file binary yang dapat dieksekusi
Isi direktori /bin adalah user program seperti :
- login
- shell (bash, ksh, csh)
- file utility (cp, mv, rm, tar)
- editor (ed, vi)
- filesystem utility (dd, df, mount, umount, sync)
- system utility (uname, hostname, arch)
- GNU utility (gzip, gunzip)
Isi direktori /sbin umumnya adalah program pemeliharaan atau sistem program. Program-program yang disimpan di direktori /sbin ini hanya dapat dieksekusi oleh root.
Contohnya :
- fsck
- fdisk
- mkfs
- shutdown
- lilo
- init
2. /etc
Direktori ini menyimpan file-file konfigurasi systemwide yang dibutuhkan oleh program-program lainnya.
File-file yang ada d direktori /etc :
- passwd
- swadow
- fstab
- hosts
- motd
- profile
- services
3. / home
Direktori ini menyimpan direktori masing-masing user yang ada di sistem termasuk HTTPD. Beberapa sistem linux menyimpan home user root di direktori ini sebagai /home/root tapi ada juga menyimpan direktori home user root di direktori / atau root direktori.
4. /mnt
Umumnya direktori ini dalamnya mengandung subdirektori2 yang merupakan sebuah mount point untuk jenis device tertentu.
Contohnya : cdroom/, floppy/, atau zip/.
5. /tmp & /var
Direktori /tmp untuk menampung file-file sementara dan /var menampung variying content atau macam-macam file.
6. /usr
Berisi semua program dan file yang secara langsung berhubungan dengan setiap user dalam sistem.
Contohnya :
bin/, dict/, doc/, etc/, games/, info/, lib/, local/, man/, sbin/, share/.
Perintah – Perintah Pada Linux
Secara umum perintah-perintah Linux dan UNIX memiliki sintaks sebagai berikut :
perintah [option…] [argumen…]
Option merupakan pilihan yang dapat kita gunakan untuk memberikan hasil tertentu dari suatu perintah.
Argumen umumnya merupakan sesuatu yang akan diproses oleh perintah, misalnya nama file atau nama direktori.
Tanda [ ] merupakan simbol bahwa option dan argumen tidak harus selalu digunakan dalam menjalankan perintah.
Tanda titik-titik menandakan bahwa baik option dan argumen dapat lebih dari satu.
Seluruh perintah dalam Linux dan UNIX bersifat case sensitive, jadi perintah LS akan dianggap berbeda dengan ls.
Sekarang kita mulai dengan perintah-perintah dasar yang umum
digunakan dalam Linux :
a. ls
Perintah ini merupakan perintah untuk menampilkan isi suatu direktori. Perintah ini mirip seperti perintah dir dalam DOS.
Ada beberapa cara untuk menggunakan perintah ini, misalnya :
# ls
# ls -l
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang perintah ls, silakan lihat di manual dengan perintah man ls.
b. more
Perintah more dapat digunakan untuk melihat isi suatu file teks dengan layar per layar. untuk keluar dari tampilan more dengan menekan tombol q.
c. cat
Perintah ini digunakan untuk menampilkan isi file ke layar tanpa fasilitas tampilan layar per layar.
Biasanya digunakan bersamaan dengan pipeline atau redirection. Misal untuk menampilkan isi file /etc/passwd dan /etc/group, gunakan perintah :
# cat /etc/passwd /etc/group
d. cd
Perintah ini mirip seperti perintah cd dalam DOS yaitu digunakan untuk pindah ke direktori tertentu. Contoh perintah :
# cd /home/adje
Untuk menuju kembali ke direktori /home, maka digunakan perintah:
# cd ..
e. cp
Perintah ini digunakan untuk mengkopi suatu file atau direktori. misalnya :
# cp contoh1 contoh2
Perintah di atas maksudnya akan mengkopi contoh1 ke file contoh2.Untuk mengkopi seluruh direktori menggunakan perintah :
# cp -R /home/adje /home/afri
f. mv
Perintah ini digunakan untuk memindahkan suatu file ke lokasi lain atau dengan nama lain. Contoh :
# mv contoh1.php contoh2.php
#mv contoh1.php /home/adje/contoh2.php
g. rm
Perintah ini digunakan untuk menghapus direktori atau file. Perintah ini mirip dengan perintah del dalam DOS. Dalam menggunakan perintah ini agar hati-hati karena dalam Linux tidak ada perintah undelete atau unerase. Contoh penggunaan rm sbb :
#rm contoh1.php
Untuk menghapus suatu direktori gunakan perintah :
#rm /home/adje/temp
h. mkdir
Perintah ini digunakan untuk membuat direktori. Misalnya :
#mkdir lat
i. Pipeline
Pada Linux dan UNIX, hasil keluaran suatu proses program dapat diberikan sebagai input pada proses lainnya. Contohnya :
#ls -l /home/adje | more
j. grep
Perintah grep digunakan untuk men-filter masukan dan menampilkan dalam bentuk baris-baris yang sesuai dengan pola yang anda inginkan. Contoh :
# ps ax |grep wvdial
k. Redirection
Di dalam Linux atau UNIX, anda dapat membelok-belokkan standar input, output ataupun standar error menuju tujuan lain.
Misalnya anda dapat membelokkan standar output suatu program ke file atau membelokkan standar input suatu program dari suatu file.
Proses pembelokkan ini disebut redirection dan di *NIX digunakan simbol > (untuk membelokkan standar output ke file) dan simbol <> isi-etc
Untuk menambahkan isi file isi-etc dengan data lain, gunakan simbol >> (append) pada redirection, misal :
#ls -lR /home/adje >> isi-etc
Untuk membuat perintah mensortir data yang terdapat pada file contoh.txt dapat digunakan perintah :
#sort <>
Aplikasi Linux
Pengguna Linux, yang pada umumnya memasang dan melakukan sendiri konfigurasi terhadap sistem, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Mereka sering disebut hacker atau geek. Namun stereotip ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna Linux dan makin luasnya pengguna distribusi. Linux telah membuat pencapaian yang cukup baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus, seperti mesin render gambar dan server web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer desktop.
Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembang Web.
Linux juga sering digunakan sebagai sistem operasi embeded. Biaya pengadaan Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti simputer, yaitu komputer berbiaya rendah yang ditujukan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara berkembang.
Dengan lingkungan desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows daripada antarmuka baris teks seperti Unix. Oleh karena itu, lebih banyak program grafik dapat ditemui pada Linux yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utilitas komersil.
Diposting oleh blatow di 19.58 0 komentar
mengembalikan file yg tersembunyi
Cara kerja virus ini sangat sederhana yaitu merubah setiap folder yang ada di komputer atau flashdisk menjadi file aplikasi dengan kapasitas yang digandakan menjadi 32 kb, dan ketika kita coba dibersihkan menggunakan antivirus dari slah satu vendor, virus tersebut bisa dihilangkan tetapi effect yang ditimbulkan dari scanning tadi adalah folder-folder yang terserang virus ini menjadi hilang.
Sebenarnya folder tersebut tidak hilang namun disembunyikan saja. dan folder yang hilang tersebut dapat kita kembalikan dengan menggunakan perintah attrib pada command prompt.
Untuk melihat Propertis attribute dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
1. Melalui windows prompt
2. Melalui command prompt
Command attribute bekerja pada DOS command prompt, memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah untuk menset attribute dari suatu file apakah file tersebut akan diberi.
Contoh Attribute :
- Read-only file attribute
- Archive file attribute
- System file attribute
- Hidden file attribute
Untuk mengembalikan folder yang hilang tersebut menggunakan cara yang kedua yaitu melalui command prompt.
Tahapan-tahapan :
1. Klik start
2. Kemudian pilih run
3. Kemuadian ketik cmd
4. Selanjutnya akan muncul command prompt
5. Pada command prompt ini kita ketik attrib /? untuk mengetahui beberapa perintah pada propertis attribute melalui command prompt
6. Selanjutnya pada prompt tersebut akan muncul sederetan kalimat yang menjelaskan tentang attribute seperti :
- Tanda (+) untuk sets an attribute
- Tanda (-) untuk clears an attribute
- Huruf R untuk read-only file attribute
- Huruf A untuk archive file attibute
- Huruf S untuk system file attribute
- Huruf H untuk hidden file attribute
- /S untuk proses penyamaan file di dalma folder sebelumnya dan semua subfolder yang ada dalam komputer
- /D untuk proses yang akan dilakukan terhadap folder itu sendiri
7. Kembali pada folder yang hilang tersebut maka perintah yang kita ketikan pada command prompt ini adalah
attrib -s -h *.* /S /D
8. Selanjutnya refresh semua drive yang ada di komputer tersebut.
Diposting oleh blatow di 19.55 0 komentar
Minggu, 09 Maret 2008
membuat web
Banyak cara untuk membuat Home Page, langkah-langkah tersebut pada dasarnya adalah :
1. Membuat Sketsa Desain :
Dalam mendesain suatu homepage langkah pertama yang dilakukan adalah membuat sketsa disain pada kertas, hal ini dilakukan untuk memberi gambaran bagaimana homepage kita nanti setelah selesai dan bagaimana cara mengatur letak letaknya. tetapi untuk kebanyakan orang langkah ini biasanya dilewati dan langgsung meloncat ke langkah kedua.
2. Membuat Layout Desain :
Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain dan juga menambahkan efek efek pada sketsa tersebut. Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. arena file gambar biasanya berukuran besar sehingga akan memerlukan waktu lama untuk membuka untuk membuka halaman web yang memakai gambar tersebut. Untuk melakukan hal tersebut kita dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.
3. Membuat Animasi :
Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.
4. Membuat HTML :
Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
5. Programming dan Script :
Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. selain itu script ini juga dapat digunakan untuk mempercantik halaman web kita antara lain membuat animasi text, membuat animasi pada background dan lain lain. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic dan yang terkenal saat ini adalah dengan menggunakan java script.
6. Upload HTML :
Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP. Yang perlu menjadi catatan di sini adalah jika kita menggunakan microsoft frontpage kita harus memilih hosting yang mendukung frontpage ini karena tidak semua hosting mendukung frontpage, terutama hosting gratis.
7. Memilih Hosting :
Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut. Contohnya yaa seperti homepage saya ini. Lihat tutorial Fasilitas gratis pendukung homepage.
8. Software-Software yang dipakai
Desain : untuk membuat desain suatu homepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.
· Adobe Photoshop : Desain berbasis titik (bitmap).
· Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html
· Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
· CorelDraw : Desain berbasis vector
· Macromedia Freehand : Desain berbasis vector
Efek Desain : hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.
1. Macromedia Firework : Efek teks
2. Painter : Memberikan efek lukisan
3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai’s Power Tool dan Xenofex juga sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop.
Animasi : Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup.
1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif
3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
4. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
5. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
6. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
7. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.
8. Web Editor : menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan sedikit bahasa script.
· Alaire Homesite :
· Cold Fusion :
· Microsoft Frontpage :
· Macromedia Dreamweaver :
· Net Object Fusion :
Programming : hal ini dilakukan setelah sebagian besar desain homepage telah rampung. Programming bertugas sebagai akses database, form isian dan membuat web lebih interaktif.
Contoh : Membuat guestbook, Form isian, Forum, Chattin Portal, Lelang dan Iklanbaris.
1. ASP ( Active Server Page ) :
2. Borland Delphy :
3. CGI ( Common Gateway Interface ) :
4. PHP :
5. Perl :
6. Javascript Upload : html kita perlu di letakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang di seluruh dunia dapat melihat homepage kita.
1. Bullet FTP :
2. Cute FTP :
3. WS-FTP :
4. Macromedia Dreamweaver : dengan fasilitas Site FTP
5. Microsoft Frontpage : dengan fasilitas Publish Sound Editor : homepage kita belum hidup tanpa musik. Untuk mengedit file midi atau wav, perlu alat khusus untuk itu.
1. Sound Forge : Mengedit dan menambah efek file yang berformat mp3 dan wav.
2. Cakewalk : Mengedit dan menambah efek untuk file yang berformat midi Banyak sekali memang software untuk membuat suatu homepage dan kita tidak perlu mempelajari semua software tersebut di atas. Tapi untuk mempermudah, bagi pemula lebih baik dimulai terlebih dulu dengan mempelajari software Microsoft Frontpage atau Macromedia Dreamweaver agar lebih mengenal aturan-aturan membuat homepage dan mengenal bahasa html. Setelah itu baru Adobe Photoshop yang dipakai kebanyakan para desainer.
FASILITAS GRATIS PENDUKUNG HOMEPAGE
Berikut ini adalah fasilitas-fasilitas gratis yang bisa kita dapatkan dari internet untuk membuat homepage kita menjadi semakin powerfull. Tentunya hal yang kita dapatkan secara gratis akan diimbangi dengan sesuatu yang harus kita terima. Biasanya mereka menampilkan banner di homepage kita dan ini sebenarnya sangat menganggu, tapi tetap saja kita harus menerima bila ingin menggunakan fasilitas gratis tersebut.
Guesbook
Buku tamu di mana orang bisa mengisi identitas tentang dirinya, mengkritik dan memberi saran.
· Lpage
· Guestpage :
Mudah di setup (using html tag) agar sesuai dengan tampilan design yang anda mau. Selain itu mereka menyediakan beberapa template guessbook yang ok kalo kita ngga mau cape2 setup.
· The Guestbook
· CounterMenghitung seberapa banyak pengunjung yang telah masuk ke homepage kita. Penyedia counter gratis antara lain :
· Dark Counter : menyediakan puluhan model counter sebagai pilihan.
· PageCount
· The Counter
Web Hosting
Tempat menyimpan file html, agar desain homepage kita dapat dilihat oleh pengunjung di seluruh dunia.
· Cybercity
· Freeservers
· Geocities
· Fortunecity
· Xoom
Email
Anda bisa mendapatkan fasilitas email gratis tanpa perlu mendaftarkan diri ke Internet Provider.
· Mailexite
· Netadress
· Geocities
· iName
· Mailcity
Direct URL
Bila url anda terlalu panjang, misalkan : http://www.geocities.com/area51/station/… maka dengan direct url ini nama url itu bisa di singkat dengan http://i.am/007.
· CyberName
· Free URL
· Easy to Remember
· Name Zero : fasilitas ini memberikan kita nama domain dot com
Chatting
Fasilitas ngobrol dapat di buat di homepage Anda sendiri.
· BraveNet Wev Services : Free guestbooks, message forums, form processors, greeting cards, hit counters, search engines and more!
Pooling
Bila Anda ingin tahu jawaban terbanyak dari para pengunjung tentang pilihan dari pertanyaan-pertanyaan Anda.
· BraveNet Wev Services : Free guestbooks, message forums, form processors, greeting cards, hit counters, search engines and more!
Web Promote
Mempromosikan homepage anda dengan sekali klik, maka homepage kita akan masuk ke beberapa situs search engine.
· Linksubmission
· Jayde
· Fast submit
· Selfpromotion
· Add-Me
· Submit It!
Mailing List
Membuat komunitas lewat email yang membicarakan hal-hal tertentu bersama orang lain.
· Egroups
· Listbot
· Onelist
Web Statistik
Melihat statistik homepage Anda. Dari mana saja pengunjung berasal, browser apa saja yang mereka pakai, hari apa saja homepage kita ramai dikunjungi orang.
· Web Statistic
Web Check
Mengetahui kecepatan loading dan spesifikasi tentang homepage anda.
· NetMechanic
· Web Site Garage
Lain-Lain
· BraveNet Wev Services : Free guestbooks, message forums, form processors, greeting cards, hit counters, search engines dan lain-lain
Diposting oleh blatow di 23.35 0 komentar